Tidak ada yang lebih aku sesali dari pada penyesalanku terhadap hari dimana ketika matahari tenggelam, sementara umurku berkurang tetapi amalku tidak bertambah (Abdullah bin Mas'ud).

Sabtu, 19 Maret 2011

Sepenggal Keteladan dari Abu Bakar

Dalam hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu mengatakan, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada sahabatnya,

Siapakah diantara kalian yang memasuki waktu pagi dalam keadaan berpuasa di hari ini?

Abu Bakr menjawab, “Saya.”

Rasulullah balik bertanya, “Siapakah diantara kalian yang mengiringi jenazah pada hari ini?”

“Saya”, jawab Abu Bakr.

“Rasulullah bertanya, “Siapakah diantara kalian yang member makan kepada orang miskin pada hari ini?”

Abu Bakr kembali menjawab, “Saya.”

Rasulullah kembali bertanya, “Siapakah diantara kalian yang membesuk orang sakit pada hari ini?”

Abu Bakr menjawab, “Saya.”

Maka nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Tidaklah seluruh perkara tersebut terkumpul pada diri seserang melainkan dia akan masuk surga.”

(HR. Bukhari No 6333).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar